Kantor Pelayanan Publik Hening Tanpa Penghuni

(Bunta-BIN) Tepat hari Jumat tanggal 04 Juli 2014 Tim Media Berita Investigasi Nasional melakukan siraturrahmi ke salah satu kantor pelayanan publik wilayah kabupaten Banggai Propinsi Sulawesi Tengah. Pagi itu Tim yang berjumlah 3 (tiga) orang memasuki gerbang yang tampak terbuka tanpa penjaga. Dari gerbang pintu terlihat pintu kantor pelayanan Publik ini dalam keadaan terbuka.
Tim beranjak masuk ke dalam ruangan kantor bermaksud menemui pimpinannya, namun kantor meskipun dalam keadaan terbuka tadi ternyata tidak ada seorangpun pegawai yang ditemui, yang nampak hanyalah kursi, meja dan Laptop. Setelah menunggu cukup lama dan diyakini bahwa kantor tersebut memang benar-benar kosong maka Para Wartawan Media ini pergi meninggalkannya sambil geleng-geleng kepala karena merasa kesal.
Bagaimana mungkin kantor dibiarkan kosong dan terbuka tanpa ada seorangpun pegawai yang berada di sana. Serta apa yang akan terjadi apabila ada orang yang berniat jahat mengambil dokumen serta aset-aset yang cukup berharga didalam kantor pelayanan publik tersebut… ?!
Selanjutnya Tim menuju rumah dinas kediaman Camat Bunta Kab.Banggai Propinsi Sulawesi Tengah yang berada tidak jauh dari kantor pelayanan publik tersebut dan langsung diterima oleh Pak Camat. Tim media pun langsung mengkonfirmasikan keadaan kantornya yang kosong melompong.
“Saya sementara berduka karena ada keluarga sekaligus kepala KUPT yang meninggal di Fery dalam perjalanan pulang dari berobat di Gorontalo, saya yang memerintahkan untuk mengosongkan kantor dan saya yang bertanggung jawab atas hal itu,” ujar Camat.
Sungguh ironis alasan Pak Camat tersebut memerintahkan seluruh staff kantor kecamatan Bunta meninggalkan tugas hanya karena alasan tersebut. Seharusnya apapun kondisinya,kantor tidak dibiarkan kosong. Semoga hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan dan kajian bagi pihak-pihak terkait demi peningkatan mutu kinerja aparatur negara dimasa mendatang. (TIM/BIN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *